Sitokinesis Pada Hewan dan Tumbuhan

CHOMPI NEWS Sitokinesis Pada Hewan dan Tumbuhan Sekarang admin mencoba mengulas Sitokinesis Pada Hewan dan Tumbuhan

Setelah proses mitosis selesai dengan terbentuknya dua inti anak, akan segera diikuti dengan pembelahan sitoplasma yang dikenal dengan istilah "Sitokinesis". Hasilnya adalah dua sel anak yang identik dengan sel induk.

Sitokinesis pada Sel Hewan
Pada sel hewan, sitokinenis diawali dengan adanya alur pembelahan yang terjadi tepat pada permukaan sel di daerah ekuator. Pada permukaan sel terdapat cincin kontraktil yang terbentuk dari mikrofilamen aktin dan meosin yang mengalami kontraksi. Kontraksi terjadi terus sehingga sel induk terjepit dan membelah menjadi dua sel anak yang terpisah sama sekali.


Sitokinesis pada Tumbuhan
Sitokinesis pada Tumbuhan berbeda dengan sitokinesis pada hewan. Pada saat telofase, sel tumbuhan menghasilkan vesikula yang dibentuk dari aparatus golgi, berpindah ke tengah-tengah sel dan kemudian bersatu menghasilkan pelat sel. Kemudian materi dinding sel yang dibawa dalam vesikula berkumpul pada pelat sel. Pelat sel akan membesar dan diikuti bergabungnya membran di sekeliling plasma sel, sehingga dihasilkan dua sel anak yang lengkap dengan membran sel masing-masing.

100out of 100 based on 99995 ratings. 1 user reviews.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012