Deret Peluruhan Radioaktif

CHOMPI NEWS

Deret Radioaktif



Seringkali suatu peluruhan isotop radioaktif menghasilkan isotop lain yang juga radioaktif. Inti anak yang radioaktif ini selanjutnya meluruh menghasilkan isotop ketiga yang juga radioaktif. Proses peluruhan radioaktif terus berlangsung sampai diperoleh isotop yang stabil.

Dalam proses peluruhan radioaktif, nomor massa (A) inti induk akan berubah dengan 4 satuan (proses peluruhan alpha) ataupun nomor massa (A) tidak berubah (proses peluruhan beta). Harga nomor massa (A) dari isotop-isotop anggota suatu peluruhan berantai berbeda dengan kelipatan 4. Dengan demikian kita harapkan ada 4 deret radioaktif yang mungkin dengan nomor massa (A) dapat dinyatakan dengan rumus 4n (deret Thorium), 4n+1 (deret Neptunium), 4n+2 (deret Uranium), 4n+3 (deret Actinium) dengan n adalah bilangan bulat.

Para ahli percaya bahwa semua nuklida yang terdapt di bumi ini dibentuk bersamaan dengan terbentuknya bumi yaitu 5.000.000.000 tahun yang lalu. Deret Neptunium mempunyai waktu paruh jauh lebih kecil dari umur bumi. Sehingga saatini unsur Np237 sudah tidak terdapat lagi di alam. Ke-3 deret radiokatif lainnya mempunyai waktu paruh yang setara dengan umur bumi, karena itu ke-3 deret ini masih hadir saat ini di bumi. (IPA Fisika 3 SMA-Marten Kanginan).

100out of 100 based on 99995 ratings. 1 user reviews.

Artikel Terkait

1 komentar:

Dzikri Rahmat Romadhon mengatakan...

Makasih, siang tadi blog ini menolong saya....

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012